Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • Naskah yang disubmit belum dipublikasikan atau sedang dalam proses publikasi pada jurnal nasional dan internasional lainnya.
  • Naskah disubmit dalam bentuk file Microsoft Word (.doc)
  • Teks ditulis menggunakan spasi single, font Arial 11pt. Nama latin dan kata dalam asing ditulis cetak miring (italic). Semua ilustrasi, gambar dan tabel dimasukkan dalam teks sesuai posisinya di dalam teks artikel, bukan diletakkan pada bagian akhir artikel.
  • Naskah harus mengikuti template dan format penulisan yang diuraikan dalam Author Guidelines

Author Guidelines

Jurnal Salamata terbit pada Bulan Juli dan Desember. Redaksi menerima naskah artikel yang berhubungan dengan bidang yang telah disebutkan pada halaman Focus and Scope. Naskah yang diterima adalah naskah yang belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses publikasi dalam jurnal ilmiah nasional maupun internasional lainnya.

Penulis harus mengacu petunjuk penulisan di bawah ini ketika mempersiapkan naskah.

FORMAT NASKAH:

Naskah diketik pada satu sisi kertas A4 dengan margin sisi kiri dan kanan 2 cm, sisi atas dan bawah 2,5 cm, satu kolom, huruf Arial font 11 dengan nomor halaman secara berurutan. Naskah diketik dengan program Microsoft Word (doc.). Gambar (format JPEG), grafik dan tabel (Microsoft Excel) perlu disertakan dalam file terpisah untuk mempermudah proses editing. Naskah juga dapat dikirimkan melalui e-mail jsalamata@poltekkpbone.ac.id

DETAIL URAIAN NASKAH

Judul. Judul harus singkat, spesifik, informatif, serta secara efektif mampu mengungkapkan kepada pembaca (meski secara garis besar) isi artikel ilmiah. Judul ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa inggris. Judul bahasa inggris ditulis dengan cetak miring/italic. Judul tidak lebih dari 15 kata.

Nama Penulis. Nama penulis ditulis tanpa gelar dan jika terdiri dari lebih satu penulis maka diakhir nama diberi notasi penomoran yang disesuaikan dengan afiliasi atau lembaga penulis. Email korespondensi dituliskan di bawah setelah afiliasi.

Abstrak. Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris menggunakan 200-250 kata diketik menggunakan spasi tunggal dengan font Arial 10pt. Abstrak memuat secara ringkas latar belakang, pentingnya studi, metode yang digunakan, hasil yang diperoleh dan kesimpulan. Abstrak hanya memuat teks (tanpa tabel, gambar dan persamaan) serta tidak ada pengacuan pada pustaka. Teks abstrak bahasa inggris ditulis cetak miring (italic). Di bawah paragraph abstrak dicantumkan kata kunci 3-5 kata. Kata kunci merujuk pada esensi topik tulisan, tidak bermakna umum, menghindari multitafsir dan penggunaan singkatan yang tidak lazim kecuali yang sudah umum digunakan.

Pendahuluan. Memuat latar belakang penelitian, rumusan masalah dan pernyataan tujuan penelitian. Pada bagian ini penulis juga memaparkan penelitian-penelitian terdahulu yang terkait dengan studi saat ini sebagai pembanding atau rujukan yang melatar belakangi dilakukannya penelitian. Pendahuluan tidak menggunakan sub judul (sub heading).

Materi dan Metode. Memuat waktu dan lokasi penelitian, materi penelitian, serta langkah-langkah yang dilakukan tim peneliti dalam melaksanakan penelitian, termasuk prosedur kerja, desain penelitian jika ada, variable yang diamati serta analisis yang digunakan.

Hasil dan Pembahasan. Hasil harus konsisten dengan tujuan penelitian. Hasil disajikan bersama pembahasannya secara berurutan mulai dari hasil-hasil utama hingga pendukung. Jika diperlukan, hasil dan pembahasan dapat ditulis dengan menggunakan sub judul (sub heading) tanpa penomoran. Hasil dapat disajikan dalam bentuk Tabel dan Gambar sedangkan pembahasan dari hasil disajikan dalam bentuk paragraf. 

Kesimpulan. Bagian ini memuat ringkasan hasil utama dari penelitian atau jawaban dari tujuan penelitian. Kesimpulan ditulis tanpa nomor, dan disajikan dalam bentuk paragraf. 

Ucapan Terima Kasih. Bagian ini memuat ucapan terima kasih yang ditujukan kepada sumber pendanaan jika ada atau kepada lembaga atau individu yang membantu dalam penelitian.

Referensi. Referensi harus berisi sekurang-kurangnya 15 referensi yang terpublikasi 10 tahun terkahir. Referensi ditulis secara berurutan dari A ke Z dengan style American Psychological Association (APA). Referensi ditulis dengan menggunakan Arial 10pt dengan jarak spasi single.

Contoh penulisan referensi:

 Artikel Jurnal:

Clark, L.A., Kochanska, G., & Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285.

 Prosiding seminar:

Clare, L., Pottie, G., Agre, J., 1999. Self-organizing distributed sensor networks, Proceedings SPIE Conference Unattended Ground Sensor Technologies and Applications, vol. 3713 (pp 229-237), Orlando.

 Skripsi/tesis/disertasi:

Milione, M. (2011). Reproduction and Growth of the Winged Pearl Oyster, Pteria penguin (Röding, 1798) in the Great Barrier Reef Lagoon. Ph.D thesis. James Cook University. Australia.

 Buku dengan penulis tunggal:

Baxter, C. (1997). Race equality in health care and education. Philadelphia: Balliere Tindall.

 Buku yang tidak ada nama penulis:

Merriam-Webster’s collegiate dictionary (10th ed.). (1993). Springfield, MA: Merriam-Webster. 

Buku dengan penulis dua atau tiga:

Cone, J.D.,  & Foster, S.L. (1993). Dissertations and theses from start to finish: Psychology and related fields. Washington, DC: American Psychological Association.

 Buku dengan Penulis berupa tim atau lembaga:

American Psychiatric Association. (1994). Diagnostic and statistical manual of mental disorders (4th ed.). Washington, DC: Author.

 Buku Terjemahan:

Kotler, Philip. (1997). Manajemen pemasaran : Analisis, perencanaan, implementasi (Hendra Teguh & Ronny Antonius Rusli, Penerjemah.). Jakarta: Prenhallindo.

 Buku Kompilasi (Edited Book):

Eiser, S., Redpath, A., & Rogers, N. (1987). Outcomes of early parenting: Knowns and unknowns. In A. P. Kern & L. S. Maze (Ed.). Logical thinking in children (pp. 58-87). New York: Springer.

 Artikel Majalah:

Greenberg, G. (2001, August 13). As good as dead: Is there really such a thing as brain death? New Yorker, 36-41.

Secara lebih rinci, format naskah dapat dilihat pada halaman Template Jurnal

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan di situs jurnal ini akan digunakan secara eksklusif untuk tujuan jurnal ini dan tidak akan disebarluasan untuk tujuan lain atau untuk pihak lain.